Rabu, 10 April 2013

Filled Under:

Cara Kompres Mp3 di Linux dengan Audacity

Bismillah.

Dalam sebuah hadits yang masyhur dari Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam-, beliau bersabda,

Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo’akan kebaikan baginya”. [HR. Muslim]

Salah satu amal jariah yang dapat kita lakukan adalah dengan meng-upload rekaman-rekaman kajian atau murotal-murottal di internet. Karena ketika kita telah tiada dari dunia ini, Insya Alloh file-file yang kita share tersebut, tetap dapat di gunakan oleh orang lain sehingga menjadi ilmu yang dimanfaatkan. Namun karena besarnya file yang harus di-upload maka pekerjaan tersebut menjadi sedikit ribet.

Cara Kompres Mp3 di LinuxBagaimana solusinya? Gunakanlah Audacity, sebuah aplikasi multi fungsi untuk keperluan editing audio. Nah, untuk kali ini saya hanya akan memberikan tips bagaimana caranya melakukan kompres file-file audio/mp3 dengan mudah sekali. Sehingga dengan ini akan memperkecil ukuran file yang akan kita upload. Tips ini bukan khusus buat pengguna Linux saja, karena selain di linux, komputer yang ber-platform Windows dan Mac-pun juga dapat menikmati aplikasi gratisan ini. Ok, langsung saja tapi sebelumnya kalian harus miliki aplikasinya terlebih dahulu, silahkan download disini.

Berikut langkah-langkahnya.
1. Buka Audacity.
2. Tekan Ctrl + O untuk memasukkan file audio.
3. Setelah itu buka menu File-->Eexport.
4. Pilih Options, pilih kbps yang kecil dari angka aslinya. Tekan Save, tunggu beberapa waktu.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat, baarokallahu fiykum.

Oleh : Darus Attalaki
Sumber : darustelake.blogspot.com





0 komentar:

Posting Komentar