Kamis, 28 Februari 2013

Filled Under:

Bayar Pajak STNK 30 Menit

Bayar Pajak STNK 30 Menit Selesai Balikpapan
Sumber fhoto stockvault.net
Bismillah.

Kali ini saya akan sedikit berbagi tips & trik kepada kawan-kawan, tentang bagaimana caranya membayar pajak STNK tahunan yang cepat, efisien, hemat dan tanpa melalui perantara(calo) tentunya. Karena posting ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja, maka tulisan ini hanya seputar apa yang saya alami ketika mengurus pajak STNK beberapa waktu lalu, dan terkhusus untuk daerah Balikpapan saja. Adapun daerah luar Balikpapan, kawan-kawan sesuaikan saja dengan kondisi di lapangan.

Adapun berkas yang diperlukan untuk perpanjangan pajak STNK tahunan adalah sebagai berikut :
  1. Fotokopi STNK yang lama @1 lbr (bolak-balik),
  2. Fotokopi KTP @1 lbr (Harus sesuai dengan yang tertera di STNK),
  3. KTP & STNK asli (Dibawa saja untuk jaga-jaga).
Jika semuanya sudah disiapkan, langkah berikutnya adalah berangkat langsung ke tempat pembayaran pajak STNK di samping kantor Jamsostek atau dekat dengan hotel Le Grendeur . Saya menyebut tempatnya dengan nama Drivethru. Walaupun bangunannya berukuran kecil, namun cukup jelas terlihat karena berada di tengah-tengah persimpangan tiga. Luasnya kira-kira hanya 3x5 m saja.

Bayar Pajak STNK 30 Menit Selesai Balikpapan
Peta Lokasi
Kawan-kawan harus datang sebelum jam 8:30 ke Drivethru. Kenapa demikian, karena disinilah tips & trik nya agar prosesnya cepat, efisien, dan hemat. Jika kawan-kawan mengurus pajak STNK di kantor Samsat maka akan membutuhkan waktu yang lama, dikarenakan banyaknya proses yang harus di jalani disetiap loket. Belum lagi waktu tunggu antrian dan proses disetiap loket. Adapun di Drivethru hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk proses pada 2 loket yang tersedia. Yang membuat lama adalah panjangnya antrian, maka dari itu saya sarankan datang pagi-pagi sebelum orang-orang ramai untuk mengurus STNK juga. Sebagai gambaran, ketika mengurus beberapa waktu yang lalu. Saya berada dibelakang 6 orang (jika tidak salah ingat), jadi waktu total antri dan proses diloket kurang dari 30 menitJika kawan-kawan telah mengikuti Tips & Trik yang saya berikan, Insya Alloh dalam mengurus pajak STNK tidak akan memakan waktu yang lama.

Sebagai penutup, saya ingatkan kembali kepada kawan-kawan yang memiliki kendaraan untuk men-chek masa berlaku STNK nya. Jika segera berakhir atau telah habis masa berlakunya segeralah memperpanjang STNK, dari pada ditilang. Hehe. .

 Demikian posting kali ini semoga bermanfaat.

Oleh : Darus Attalaki
Blog : darustelake.blogspot.com





3 komentar:

  1. Di Samsat Pembantu Rapak Kilo, termasuk cepat juga. Tiga kali bayar PKB - Pajak Kendaraan Bermotor, cepat aja prosesnya, kurang dari 30 menit. Apalagi kalau bisa pilih waktu sehabis istirahat, sekitar jam 13-an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas tambahan infonya.

      Hapus
  2. Pak, saya mau tanya apa saja syarat untuk mutasi kendaraan (R2) dari Balikpapan ke Samarinda.
    Kebetulan saya masih awam, dimana ada orang yang bilang klo biaya mutasi kendaraan mahal dan dipersusah administrasinya

    BalasHapus